Cara Memasang Counter Histats di Blog

histats
Ada banyak sekali widget yang dapat kita pasang untuk memperindah tampilan blog kita, akan tetapi dari banyak widget yang ada, pastinya ada yang bermanfaat untuk blog kita dan ada yang kurang bermanfaat untuk blog kita. Widget yang bermanfaat untuk blog kita diantarnya widget kalender, translate, jam dan masih banyak lagi. (Silahkan dibaca: cara memasang kalender di blog, cara memasang widget translate di blogdan cara memasang widget jam di blog). Pada kesempatan ini saya akan berbagi ilmu kepada anda yaitu tentang bagaimana cara memasang counter histats di blog.  Tujuan dari memasang gadget histats di blog yaitu untuk mengetahui statistik blog kita, ini bisa digunakan untuk blogspot, wordpress, maupun flatform blog lainnya. Pada blogger sendiri sebenarnya sudah di sediakan data statistik blog, akan tetapi dari pemantauan data statistik blog dari blogspot sendiri kurang lengkap contohnya seperti pada data keyword penelusuran Google tidak semuanya bisa tampil, dan juga misalnya situs perujuk yang menuju ke blog kita tidak tampil sempurna pada data statistik blogspot. Malah kadang ada situs-situs yang sama sekali tidak menjadi perujuk site, malah muncul. Mengapa hal demikian bisa terjadi, alasannya yaitu karena blogspot memiliki hitungan sendiri data statistik blog. Dari kejadian itu, maka diperlukan histats sebagai monitoring statistik blog kita. Memasang histats pada blog kita, maka statistik blog akan ditampilkan secara realtime, aktual, tajam dan terpercaya. Lalu data statistik apa saja yang diperoleh dari pemasangan gadget histats di blog? Diantaranya yaitu traffic summary ( visitor counter dan page views), serta keyword/ katakunci Google yang masuk ke blog, , data click count, data reffering site data browser yang digunakan pengunjung, data asal negara pengunjung, dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya bisa baca penjelasan dibawah ini tentang cara menambah counter histats di blog:
 
  • Pertama anda harus Register/ daftar dulu di Histats.com pendaftaran geratis, pada form pendaftaran isikan data sesuai dengan data Anda, kemudian ceklist “I have read and agree Publisher Agreement Terms”. dan Klik pada “Register”.
daftar histats1
  • Setelah itu Cek kotak masuk email Anda untuk aktivasi email.
  • Login/ masuk ke Control Panel Histats dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarakan tadi
  • Kemudian pada halaman awal control panel, anda klik “+Add Website”.
daftar histats2

  • Isikan data blog sesuai form yang disediakan, lalu anda klik “Continue”.
  • Setelah itu, klik nama website yang telah anda daftarkan tadi.
daftar histats3
  • Maka akan terbuka traffic summary blog, untuk menambahkan kode histats di blog anda, klik “Counter Code”.
  • Setelah itu anda klik “add new counter”, maka akan tampil pilihan model histas yang akan ditampilkan di blog. seperti yang tampak pada gambar dibawah ini. Lalu pilih salah satu.
daftar histats4 
  • Anda ceklist data apa saja yang akan ditampilkan pada model histats yang kita pilih, ada yang di tampilkan Visitor today, Total visitor, Page view today, Total page view, dan users online.
daftar histats5
  • kemudian anda, klik “Save”.
  • Dan anda akan kembali ke list counter code,lalu  klik ID counter code yang tadi telah kita buat.
  • Selanjutnya akan muncul kode/script HTML histats. Copy script/kode HTML tersebut dan pastekan pada gadget HTML/Javascript di blog kita.
daftar histats6

Cukup sekian dulu pertemuan kali ini tentang cara memasang counter histats di blog, Semoga apa yang sampaikan dapat bermanfaat. Dan dengan cara-cara di atas maka traffic pada blog Anda akan termonitor jelas dengan pemasangan histats pada blog.

Komentar