Cara Memilih Template Blog Yang SEO Friendly

Pada artikel saya yang sebelumnya saya telah membahas materi tentang tips blog yaitu tentang  cara daftar google adsense, dan pada kli ini saya akan membahas tentang tips blog juga yaitu tentang Cara Memilih Template Blog Yang SEO Friendly.
Pernahkah kamu berkunjung pada sebuah website atau Blog yang jika dibuka Loadingnya lambat ? Pernahkah kamu terbayang seandainya orang lain yang akan berkunjung di Blog kamu merasa tidak betah karena loadingnya lama? Semua itu bisa saja terjadi, orang yang akan buka pun akan tidak sabar dan malas jika mereka tidak segera mendapat informasi yang mereka cari karena terlalu lama menunggu Loading Blog kamu yang lambat. Sehinnga akhrinya mereka akan jadi sungkan untuk membaca posting  kamu yang lainnya. Untuk itulah pemilihan suatu template mempengaruhi sebuah blog.

Template yang berat dan tidak SEO Friendly, dapat mempengaruhi kecepatan artikel yang baru kamu tulis untuk diindex oleh mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dll.Dalam memilih template yang SEO friendly. mungkin hal ini hanya sebagian kecil dari SEO, tapi tidak dipungkiri bahwa template berpengaruh dalam SEO. Lalu bagaimana caranya menemukan template SEO? Coba saja searching template, yang kurang lebihnya memiliki kriteria seperti berikut ini :
  1. Background dan Warna tulisan serasi atau sesuai. Usahakan membuat blog yang kelihatan profesional atau rapi, eye catching itu akan menjadi lebih baik .
  2. Di saat pertama muncul, yang muncul adalah postingan blog kamu. Bukan sidebar dari blog. Supaya sasaran keyword dapat secara langsung dilihat oleh visitor atau pengunjung.
  3. Template jangan dibebani aksesoris yang terlalu berlebihan. Hal ini dapat berupa flash atau gambar ,
  4. Jangan terlalu banyak memasang iklan. Memang Iklan meruakan penghasilan suatu blog. Tetapi apabila iklan lebih banyak daripada konten asli blog, maka pengunjung akan meninggalkan blog karena tampilannya menjadi berat.
  5. Loading masuk kehalaman template cepat. Maksudnya supaya kalau ada orang yang masuk blog kamu tidak merasa bosan menunggu loading yang akhirnya malah mereka menutup Blog kamu.


Beberapa yang disebutkan diatas adalah gambaran sebuah template yang baik (menurut saya).
Trus bagaimana agar template mejadi SEO ?

Template SEO adalah suatu template dimana mesin pencari seperti google atau yahoo lebih cepat meng-indeks artikel atau posting blog kamu. Sehingga saat pencarian berlangsung template mudah dibaca isinya.

Tips Memilih template SEO :
  • Carilah template yang memiliki sidebar di kanan, agar Web Crawl mesin pencari lebih dahulu mengindeks konten artikel pada blog kamu.
  • Pilihlah template yang memiliki sedikit menu serta pilih yang ukuran file XML-nya kecil, karena file XML-nya yang ukuranya kecil  tidak begiru banyak Scritp HTML yang ada pada template.
  • Usahakan background adalah warna dasar (background: #FFFFFF;), dan bukan merupakan Gambar (background url (http://domain.com/background.jpg). Jika kamu memilih template yang memiliki  Background gambar, dapat dirubah dengan warna dasar lewat menu Edit Template.
Demikian Cara Memilih Template Blog Yang SEO Friendly, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat buat anda. Jika ada pertanyaan bisa tanya lewat komentar.

Komentar