Cara Dasar Belajar SEO

Beberapa artikel tentang ilmu dasar-dasar ngeblog sudah saya sampaikan sebelumnya,oleh sebab itu kali ini adalah saatnya saya menjelaskan tentang  cara dasar belajar seo.

Apakah yang di maksud seo?Bagi pumula mungkin masih bingung apa yang di maksud seo itu. Seo merupakan kependekan dari kata search engine optimization dalam arti bahasa indonesia adalah optimasi mesin pencari.

Belajar tentang ilmu seo merupakan hal yang sangat di penting supaya blog kita dapat muncul di halaman utama pencarian google, lebih baik lagi apabila bisa berada di urutan pertama google menggunakan keyword atau kata kunci tertentu yang kita gunakan.
Pada pstingan ini saya akan menjelaskan cara dasar belajar SEO.
Pada SEO terdapat 2 istilah yang populer, istilah ini sangat mendasar pada optimasi suatu website, yaitu optimasi on page dan potimasi off page. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan kedua istilah tersebut:

1. Optimasi On Page

Optimasi On Page itu merupakan optimasi yang berhubungan langsung dengan website kita secara teknik. On page optimation diinputkan suapaya mesin pencari dapat membaca atau mengindex atau mengenali  website milik kita. masihkah anda belum mengerti? apabila belum mari kita tinjau tentang bagaimana cara-cara mengoptimalkan On Page pada suatu website.

-. Penerapan Kata kunci atau keyword Pada Judul website
Kata kunci merupakan bagian penting yang di index atau dikenali oleh serach engine, dengan cara memberi keyword pada judul website akan memberikan andil pada spider google.
-. Pemakaian Tag H1 dan H2
Pasang kata kunci utama pada bagian antara tag H1 kemudian letakan sub kata kunci diantara H2. Dalam berbagai kasus tag H2 dipakai untuk judul artikel. Kalaubisa tag H1 yang sudah diisi kata kunci tadi ditaruh di paling kiri atas pada halaman.

-. Penggunaan Bold/ italic/ underline
Untuk penekanan kata kunci/keyword bisa menggunakan bold/ italic/ underline di bagian artikel-artikel tertentu.

-. Peletakan kata kunci/ keyword Utama
Letakanlah keyword utama pada bagian awal halaman serta dibagian akhir halaman. Untuk keyword di akhir bisa di letakkan pada bagian copyright.
-. Menggunakan keyword pada Alt Image
Menggunakan keyword pada Alt Image merupakan salah cara untuk mempertegas keyword kita pad mesin pencari. Gunakan keyword pada Alt Image disertai dengan kata “gambar”. Misalkan keyword Belajar Seo, maka untuk Alt image menjadi Gambar Belajar SEO.

-. Permalink
Permalink dipakai untuk memberikan kemudahan pengunjung pada saat membaca link judul artikel kita pada address bar. Permalink ini berfungsi sebagi penguat kata kunci/ keyword. Google akan membaca link-link yang ada pada suatu halaman selenjutnya google mengindexnya. Apabila permalink anda berbentuk seperti ini : www.caracara.com/index.php?post=11, Akan lebih bagus di pencarian google apabila memiliki bentuk seperti ini: www.caracara.com/belajar_seo.html.

-. Anchor Link
Pada penggunaan Achor link terdapat beberapa ketentuan sebab google membaca link. Untuk beberapa situs yang kita masukkan linknya pada artikel kita, akan lebih baik jika menambahkan tag rel=nofollow pada link tersebut.Hal ini dapat mempertegas keyword.

-. Tata letak/ Layout  navigasi
Dalam hal pencarian tatal letak juga sangat berpengaruh. Spider google akan membaca pada halaman dari bagian pojok kiri atas ke bagian kolom kiri lalu ke body halaman bagian kanan. Sehingga disarankan untuk menempatkan link navigasi misalnya menu, kategori dibagian kiri. Sehingga google membaca halaman konten dahulu sebelum link navigasi.

2. Optimasi Off Page

Lebih mudahnya optimasi Off Page merupakan optimasi yang tidak berhubungan lansung secara teknik terhadap website kita. Optimasi Off page sangat penting terhadap peringkat kita pada pencari google selain optimasi On Page yang sebelumnya saya jelaskan . Lalu bagaimana cara Optimasi Off Page? simak penjelasan berikut ini:

a. Dapatkanlah Backlink
Orang yang memasang link situs kita pada situs nya dan terindex oleh google. Maka akan semakin banyak memperoleh backlink, maka semakin baik pula peringkat website kita di mata pencarian google. Ada berbagai macam cara untuk memeperoleh backlink misalnya mendaftar ke directory-directory dan sosial borkmark yang do follow, membeli link website yang mempunyai page rank tinggi, serta tukaran link. Untuk bertukar link saya sarankan untuk bertukar pada link website yang ada hubungannya dengan keyword kita.

Sekian sampai disini dulu teman, artikel tentang cara dasar belajar SEO. Semoga dapat bermanfa'at, Apabila ada yang masih kurang silahkan teman-teman blogger tambahkan komentar.

Komentar