Cara Membuat Email di Yahoo! Indonesia


Saya yakin setiap pengguna internet pasti telah mengenal apa yang namanya e-mail. Email adalah alat komunikasi yang utama di internet. Melalui email, kita dapat saling berkomunikasi serta bertukar informasi dengan orang lain sesama pnegguana internet.
Setiap orang yang akan terjun ke dunia blogging pun harus memiliki e-mail, karena e-mail merupakan syarat utama untuk membuat blog. Oleh karena itu, apabila anda ingin ngeblog, email mutlak anda miliki.
Sekarang ini ada banyak layanan e-mail gratis seperti gmail yang menyediakan space unlimited tapi kali ini yang akan saya bahas yaitu cara membuat Email di yahoo Indonesia. Apakah anda sudah tahu caranya? Jika belum, perhatican cara-cara di bawah ini:

- Cara-cara membuat E-mail di yahoo:

1. Buka http://mail.yahoo.com lalu anda akan masuk ke suatu halaman utama Yahoomail. Klik Create my account


2. Kemudian akan muncul tampilan Formulir dan anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran seperti berikut ini:



Name: Isi nama anda
Gender: pilih jenis kelamin anda
Birthday: Isi tanggal lahir anda
Country: pilih Indonesia
Yahoo Id and Email: masukkan nama dan ekstensi email yang anda inginkan kemudian klik check untuk mengecek apakah alamat email tersebut sudah dipakai orang atau belum. Jika muncul pesan "ID is not available" berarti alamat email tersebut telah dipakai orang lain. Pilih nama email lain lalu klik Check lagi. Kalau tidak muncul pesan error berarti alamat tersebut bisa anda gunakan.
Password: kata sandi anda
Retype password: ulangi kata sandi anda
Alternative email (optional): Alternatice email berfungsi apabila anda lupa password maka password akan dikirim ke alamat email ini. Tapi jika anda belum memiliki email maka dikosongkan saja.
Secret Question 1: Pilih pertanyaan yang anda inginkan
Your answer: Jawaban 1
Secret question 2: Pilih pertanyaan yang anda inginkan lagi
Your answer: Jawaban 2
Type the code shown: Masukkan kode seperti yang tertera pada kotak
3. Kalau sudah diisi semua, klik Create My Account. apabila muncul pesan "Congratulations" berarti email anda telah berhasil anda buat. Klik Continue untuk masuk ke akun email anda.


4. Perhatikan di bagian inbox. Disitu ada 1 pesan yang belum terbaca. Biasanya pesan tersebut dikirimkan oleh pihak Yahoo kepada anda yang berisi ucapan selamat. Klik inbox untuk melihat pesannya.



5. Untuk membaca isi pesan tersebut klik saja pada bagian subject maka isi email akan terbuka pada halaman bawah.


6. Jika anda ingin membaca pesan dalam halaman full/ penuh, klik 2x pada subject email maka isi email akan terbuka secara full pada halaman baru seperti berikut ini .



Cara mengirim email/ pesan baru:
1. Untuk mengirim email baru/ pesan baru, klik tombol New


2. Selanjutnya akan muncul menu editor pesan. Isi email seperti pada caontoh dibawah ini setelah itu klik Send.


3. Jika email anda sudah terkirim maka akan muncul pesan "message sent" seperti berikut ini.


4. Jika anda ingin menyimpan alamat email yang dituju kedalam contact list maka beri centang pada kotak kecil yang terletak disamping alamat email lalu klik OK. Selesai

Cukup sekian dulu  ya, semoga artikel tentang Cara membuat Email di yahoo! Indonesia ini dapat bermanfaat buat anda. Apabila ada kesulitan dalam pembuatannya bisa bertanya pada kotak komentar. Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih.

Komentar