Cara membuat kotak komentar buka tutup di blog


Pada artikel sebelumnya saya telah berbagi ilmu tentang bagaimana caracara mengganti logo (favicon) di blog, nah kali ini saya akan berbagi ilmu dengan anda tentang Cara membuat kotak komentar buka tutup di blog. Kotak komentar buka tutup di blog sangat bermanfaat apabila pengunjung blog anda  sangat banyak , apalagi jika blog anda dofollow, pastinya akan ada banyak komentar, dan hal ini akan berpengaruh pada loading blog. Kotak komentar buka tutup di blog bertujuan untuk merapikan blog anda yang langsung tampil banyak komentar, akan sedikit disembunyikan dan jika diklik, maka akan muncul tampilan komentar anda. Oke saya rasa sudah cukup penjelasan saya diatas sekarang langsung saja saya kasih tau caranya berikut ini:

1.) Anda harus login/ masuk ke akun blogger anda
2.) Kemudian masuk ke Template > Edit Html > Lanjutkan
3.) Jangan lupa backup dulu template anda, klik download template lengkap,
4.) Setelah itu centang tanda expand widget template
5.) Carilah kode ]]></b:skin>, untuk mempermudah pencarian gunakan Ctrl+F
6.) Jika kode ]]></b:skin> sudah ketemu, copy dan paste kode dibawah ini tepat diatas kode ]]></b:skin>

Kode
.commenthidden {display:none}
.commentshown {display:inline}
7.) Setelah itu , cari lagi kode </head>, untuk mempermudah pencarian gunakan Ctrl+F
8.) Jika kode </head> sudah ketemu, copy dan paste kode dibawah ini tepat diatas kode </head>
Kode
<script type='text/Javascript'>function togglecomments (postid){var whichpost = document.getElementById(postid);if (whichpost.className==&quot;commentshown&quot;){whichpost.className=&quot;commenthidden&quot;;}else{whichpost.className=&quot;commentshown&quot;;}}</script>
9.) Langkah selanjutnya yaitu cari lagi kode <dl id='comments-block'> atau  <dl expr:class='data:post.avatarIndentClass' id='comments-block'> jika belum ketemu, cari kode yang mirip karena setiap template berbeda-beda kode.
10.) Jika sudah ketemu, ganti kode <dl id='comments-block'> dengan kode dibawah ini 
Kode
<a aiotitle='click to expand' href='javascript:togglecomments (&quot;comments-block&quot;)' rel='nofollow'><center><b style='border:1px solid #0000FF; -moz-border-radius:5px; -webkit-border-radius:5px; border-radius:5px; padding:2px 10px; color:#333333; background-color:#f6f6f6;'>Buka atau Tutup Komentar-Show Or Hide coments </b></center></a>
11.) Ubah tulisan Buka atau Tutup Komentar-Show Or Hide coments dengan kalimat/kata sesuai selera anda
12.) Langkah yang terakhir Simpan Template.

Demikian artikel kali ini, semoga Cara membuat kotak komentar buka tutup di blog yang saya sampaikan dapat bermanfaat buat anda. Dan jika ada cara lain yang lebih praktis bisa berkomentar di kotak komentar.

Komentar