Perbedaan Variabel Intervening dan Moderating

Penelitian kini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari berbagai bidang studi. Dalam penelitian, salah satu aspek penting ialah analisis data yang dipakai untuk mendapatkan kesimpulan yang akurat dan valid. Dalam analisis data, terdapat 2 konsep yang sering dipakai, yakni variabel intervening dan variabel moderating. Meskipun 2 konsep tersebut terlihat sama, akan tetapi di antara keduanya sebenarnya terdapat perbedaan yang secara signifikan. Nah, dalam artikel ini, kami akan membahas tentang perbedaan antara variabel intervening dengan variabel moderating.

Perbedaan Variabel Intervening dan Moderating

Sebelum melanjutkan pembahasan, penting bagi kita untuk memahami lebih dalam kedua variabel tersebut. Variabel intervening merupakan variabel yang terletak di antara variabel independen dan variabel dependen dalam hubungan sebab-akibat. Variabel ini memiliki pengaruh langsung terhadap variabel independen dan memberikan pengaruh terhadap hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Sementara itu, variabel moderating merupakan variabel yang memengaruhi arah hubungan dan kekuatan antara variabel independen dengan variabel dependen. Variabel ini tidak mempunyai ketergantungan secara langsung dengan variabel independen maupun variabel dependen, akan tetapi bisa memoderasi hubungan antara variable tersebut.

Mungkin, hingga saat ini ada yang beranggapan bahwa kedua konsep tersebut terlihat serupa. Akan tetapi, perbedaan antara variabel intervening dengan variabel moderating sebetulnya terletak pada peran mereka dalam hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Variabel intervening berfungsi sebagai “penghubung” atau “jembatan” antara variabel independen dengan variabel dependen, sementara variabel moderating berfungsi sebagai “pengaruh tambahan” atau “pengatur” dalam hubungan tersebut. Untuk memahami perbedaannya secara lebih lanjut, perhatikan beberapa poin pembahasan berikut ini.

Perbedaan Variabel Intervening Dengan Moderating

Pengaruhnya terhadap Variabel Independen

  • Variabel Intervening: Mempunyai pengaruh secara langsung dengan variabel independen.
  • Variabel Moderating: Tidak mempunyai pengaruh secara langsung dengan variabel independen.

Perannya dalam Hubungan Kausal

  • Variabel Intervening: Berperan sebagai mediator atau perantara atau antara variabel independen dengan variabel dependen.
  • Variabel Moderating: berperan sebagai moderator atau pengatur dalam hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.

Dampaknya terhadap Variabel Dependen

  • Variabel Intervening: Mempunyai dampak secara langsung terhadap variabel dependen.
  • Variabel Moderating: Tidak mempunyai dampak secara langsung terhadap variabel dependen.

Pengaruhnya terhadap Hubungan Antarvariabel

  • Variabel Intervening: Tidak mempengaruhi arah dan kekuatan hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.
  • Variabel Moderating: Mempengaruhi arah dan kekuatan hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.

Fokus pada Variabel Antara

  • Variabel Intervening: Berfokus pada variabel antara yaitu antar variabel independen dengan variabel dependen.
  • Variabel Moderating: Berfokus pada variabel tambahan yang bisa memberikan pengaruh terhadap hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.

Penggunaan dalam Analisis Data

  • Variabel Intervening: Digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen secara mendalam.
  • Variabel Moderating: Digunakan untuk menganalisis pengaruh tambahan yang bisa mengatur hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.

Tujuan Penelitian

  • Variabel intervening: Bertujuan untuk memahami mekanisme hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.
  • Variabel Moderating: Bertujuan untuk menguji pengaruh tambahan dari variabel tambahan terhadap hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.

Demikian penjelasan tentang Perbedaan Variabel Intervening Dan Moderating, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Komentar