Pengertian Marketplace dan Contohnya

Pastinya istilah marketplace sering kali kita dengar. Karena industri marketplace belakangan ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Keberadaan marketplace saat ini sangat membantu memudahkan masyarakat Indonesia dalam berjualan maupun belanja online. Nah apa sih marketplace itu? Bagi anda yang masih belum tahu tentang apa itu marketplace, maka anda bisa menyimak penjelasan tentang pengertian marketplace dan contohnya di sini. Langsung saja silahkan kamu simak penjelasannya berikut ini:

Pengertian Marketplace dan Contohnya

Pengertian Marketplace

Pengertian marketplace yaitu aplikasi online atau website yang menjadi perantara antara penjual dengan pembeli di dunia maya (memfasilitasi proses jual-beli). Dapat pula dikatakan bahwa marketplace merupakan aplikasi pihak ke-3 dalam transaksi online yang menyediakan wadah untuk berjualan dan fasilitas pembayaran. Jadi, marketplace tidak sekedar membantu mempromosikan produk dagangan saja, namun juga menjembatani transasi online antara pembeli dengan penjual.

Konsep yang digunakan pada marketplace pada dasarnya kurang lebih sama seperti pasar tradisional. Pihak dari marketplace tidak bertanggung jawab atas barang-barang yang dijual, karena tugas dari marketplace ialah menyediakan wadah dan fasilitas para penjual yang ingin berjualan, membantu mereka untuk dapt menemukan pelanggan serta mengatur transaksi online agar menjadi lebih simpel dan mudah. Banyak juga yang menggambarkan marketplace itu seperti halnya departement store online.

Contoh Marketplace

Ada banyak contoh marketplace yang ada di indonesia. Beberapa contoh marketplace tersebut diantaranya yaitu Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shopee, Blibli, Zalora, Elevenia, JD.ID, SEVA Mobil Bekas dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai pengertian marketplace dan contohnya. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Komentar