Kopi jujur - Apa itu kopi jujur?

Minuman kopi adalah minuman yang sangat populer. Hampir setiap orang pernah minum kopi. Kini kopi ada banyak mengalami perkembangan dalam bentuk penyajiannya. Ada yang disajikan panas, dingin ada yang kopi hitam, ada yang dengan campuran susu, jahe, cokelat dan lain sebagainya. Kopi tersebut akan terasa kenikmatannya apabila kopi tersebut adalah kopi jujur. Mungkin kamu pernah mendengar istilah kopi jujur? Nah apa itu kopi jujur?

Kopi jujur adalah minuman kopi asli dari hasil seduhan kopi yang sebelumnya telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk kopi tanpa adanya campuran essen. Jadi kopi jujur itu kopi asli tanpa campuran essen. Essen sendiri merupakan zat yang menjadi tambahan untuk makanan yang funanya untuk menambah aroma pada makanan. Essen dibuat dari aroma bahan makanan, tidak berwarna, tidak memiliki rasa dan bentuknya cair. Sebuah minuman yang dicampuri dengan essen kopi, maka minuman itu akan mempunyai aroma kopi. Namun minuman tersebut bukanlah kopi jujur karena hanya aromanya saja.

Lantas, bagaimana kalau kopi jahe, kopi susu, moccacino, cappucino atau variasi lainnya yang kekinian apakah itu bukan kopi jujur? Kalau itu tergantung, jika kopi yang digunakan adalah asli dari biji kopi yang telah dioleh menjadi bubuk. Itu berarti kopi jujur. Jadi tidak ada masalah jika kemudian ditambah dengan campuran jahe, susu, coklat atau yang lainnya. Yang menjadi kunci dari kopi jujur adalah bubuk kopi aslinya.

Dengna meminum kopi secara teratur atnara 2-3 cangkir sehari maka akan mempunyai resiko yang rendah mengalami penyakit yang serius. Karena kopi mempunyai beberapa manfaat diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

  • Dapat menjaga kesehatan jantung.
  • Dapat menurunkan resiko terkena penyakit parkinson.
  • Dapat menurunkan resiko gangguan fungsi otak dan depresi.
  • Dapat mempertahankan tubuh agar tetap langsing karena kopi mempercepat prosses metabolisme dan pembakaran lemak.
  • Dapat menurunkan resiko penyakit organ hati.
  • Dapat menurunkan resiko terkena diabetes tipe2.

Manfaat tersebut dapat kita dapatkan apabila dikonsumsi secara teratur dan tentunya kopinya harus kopi jujur, yang tanpa gula. Karena kandungan kopi itu terkandung antioksidan yang tinggi dan beberapa nurtrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita misalnya vitamin B3 (niacin), Vitamin B2 (riboflavin), Vitamin B5 (pantotenat), natrium, mangan, kalium, dan magnesium.

Jadi itulah penjelasan tentang apa itu kopi jujur semoga bermanfaat.

Baca juga: Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Komentar