Pengertian WWW (World Wide Web), Fungsi, Contoh dan Sejarah

Dala mengguakan internet pastinya kamu tidak terlepas dari penggunaan www untuk menuliskan sebuah alamat situs web. Nah bisakah kamu menjelaskan apa itu www (world wide web)? Jika kamu belum tahu apa yang dimaksud www, maka di sini kamu bisa menyimak penjelasan tentang pengertian world wide web (www). Selain itu untuk menambah pemahaman tentang www (world wide web), di sini juga kami sampaikan tentang manfaat, contoh dan juga sejarah dari www tersebut.

Pengertian world wide web (www)

World wide web atau www adalah sebuah ruang informasi yagn terdapat di internet yang dipergunakan sebagai pengenal global yang disebut sebagai pengidentifikasi sumber ragam/ url mengenali sumber daya berguna. Di dalam www tersebut berisi kumpulan peladen web dari berbagai penjuru dunia untuk menyediakan informasi dan data yang bisa dipakai secara bersama-sama.

Fungsi world wide web

Fungsi dari www adalah untuk menyediakan data maupun informasi apapun dari manapun agar dapat diakses oleh orang lain di seluruh penjuru dunia. Dengan adanya www di internet, maka dapat memberikan suatu kemudahan dan kecanggihan bagi pengguna internet secara lebih cepat dan mudah. Melalui www inilah pengguna internet dapat berselancar dengan mudah hanya dengan menggunakan alamat url.

Contoh world wide web

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan world wide web pada sebuah alamat website/ alamat domain.

  • www.facebook.com
  • www.twitter.com
  • www.google.com
  • www.yahoo.com
  • www.youtube.com

Sejarah World Wide Web

World wide web (www) merupakan sebuah program yang merupakan temuan dari Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee ingin menemukan suatu cara untuk menyusun arsip-arsip riset yang dilakukannya. Untuk itulah, dia mengembangkan sebuah sistem untuk kepentingan pribadi. Sistem tersebut merupakan program perangkat lunak yang di sebut sebagai Equire. Melalui program inilah, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga dapat memberikan kemudahan informasi yang diperlukan. Inilah yang selanjutnya menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal dengan web.

Sejarah perkembangan www pertama kalinya dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, di Swiss. Di tahun 1989, Berners-Lee membuat sebuah proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara menyeluruh, selanjutnya di bulan sepuluh tahun 1990, www sudah dapat dijalankan di lingkungan CERN. Di tahun 1991, tepatnya saat musim panas www resmi digunakan ssecara meluas pada jaringan internet.

Demikian penjelasan tentang Pengertian WWW (World Wide Web), Manfaat, Contoh dan Sejarah, semoga bermanfaat.

Komentar