Pengertian Mailing List dan Fungsinya

Pengertian mailing list dan fungsinya - Canggihnya dunia teknologi informasi memang memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan kita. Salah satu penemuan bidang teknologi informasi yang memberikan manfaat yaitu dalam hal komunikasi yaitu penggunaan mailing list. Apa sih mailing list itu? Dalam pembahasan ini akan kami ulas sedikit tentang pengertian mailing list dan kegunaannya.

Pengertian Mailing List

Mailing list yaitu sebuah fasilitas grup yang bisa memungkinkan penggunanya untuk saling bertukar informasi, berita maupun hal lainnya layaknya melakukan diskusi melalui internet. Mailing list dapat pula disebut sebagai milis. Mailing list dapat juga didefinisikan sebagai fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan fasilitas email (pengelompokan alamat email). Secara jelasnya yaitu setiap pesan yang dikirim ke sebuah alamat milis, maka otomatis akan diteruskan ke alamat email semua anggotanya. Maksud pengelompokan email yaitu sebuah surat yang dikirim ke alamat emeil ini, maka sistem secara otomatis akan mengirimnya ke semua alamat email yang sudah didaftarkan ke dalam database mesin tersebut. Jadi dengan adanya milist ini jika satu surat ingin di kirim ke beberapa orang, maka hanya cukup dengan dikirim ke mailing list.

Fungsi Mailing List

Mailing list berfungsi sebagai sarana atau media dalam berkomunikasi, di mana beberapa orang pengguna yang ada di dalamnya dapat saling bertukar serta berbagi informasi, berita serta melakukan komunikasi lainnya.

Dengan adanya mailing list, pengguna tidak perlu bertatap muka serta bertemu secara langsung untuk melakukan komunikasi. Karena melalui mailing list, bisa memungkinkan pengguna untuk dapat berbagi informasi, berkomunikasi kapan saja serta dimana saja tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Melalui mailing list, maka bisa membuat komunikasi antar sesama anggota menjadi mudah serta bisa membuat pekerjaan menjadi lebih cepat.

Demikian penjelasan yang bisa kami tulis tentang pengertian mailing list dan fungsinya. Semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.

Komentar