Pengertian http dan Fungsinya

Ketika kita membuka atau mengunjungi sebuah alamat website, terkadang kita menjumpai tulisan http pada bagian awal domain atau alamat website. Nah apa itu http? Dan untuk apa fungsinya? Nah pembahasan kali ini saya akan mengupas tentang pengertian dari http dan fungsinya. Langsung saja silahkan teman-teman simak penjelasan tentang pengertian http beserta fungsinya berikut ini:

Pengertian http

Http adalah singkatan dari hypertext transfer protocol. Jika didefinisikan, pengertian http ialah suatu protokol aplikasi sistem informasi yang terdistribusi, kolaboratif serta hypermedia. http itu termasuk dasar dari komunikasi data world wide web atau yang dikenal dengan www yang berupa teks terstruktur menggunakan hyperlink atau link logis antar node yang mengandung teks. Melalui fasilitas inilah , kamu bisa mengakses informasi dari satu situs web yang ditulis menggunakan bahasa HTML. Informasi yang bisa diperoleh dari fasilitas ini yaitu teks, gambar, film, suara dan lain sebagainya.

Fungsi http

Lalu untuk apa fungsi http itu? Fungsi dari http yaitu untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lain lewat koneksi jaringan internet. Http tersebut diibaratkan sebagai suatu perintah untuk dijalankan di setiap komputer supaya bisa mengirimkan pesan.

Selain itu, fungsi http juga untuk menentukan bagaimana pesan atau data dapat ditransmisikan atau diformat ke bentuk lain yang dapat diterima browser. Sehingga semua data yang diinginkan client bisa ditampilkan dan diakses. Jadi http akan muncul di sebuah website ketika kita membuka website tersebut menggunakan internet. Hal ini dikarenakan layanan website tersebut memakai protokol http, dan kini ada pula yang memakai https supaya dapat berjalan. https ini terbilang lebih aman jika dibanding dengan http, maka dari itu saat ini banyak yang beralih ke https.

Demikian penjelasan yang sudah saya tulis mengenai pengertian http dan fungsinya. Semoga penjelasan di atas bermanfaat.

Komentar