Pengertian Email dan Cara Kerjanya

Sekarang ini perkembangan ilmu teknologi sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat sehingga memberikan pengaruh yang besar bagi kehidupan salah satunya dalam hal komunikasi. Jika dulu untuk mengirim surat kepada orang lain dengan menullis pada selembar kertas, dan mengirimnya melalui layanan pengiriman. Lain halnya dengan saat ini, kita bisa menulis surat dan mengirimnya melalui email. Apa itu email? Nah dalam pembahasan ini kami akan mengulas tentang pengertian email dan cara kerja email. Oke langsung saja silahkan kamu simak penjelasannya sebagai berikut ini:

Pengertian Email Secara Umum

Email adalah singaktan dari Electronic Mail atau jika diartikan adalah surat elektronik. Jadi definisi email yaitu sarana atau media yang dapat digunakan untuk menulis, mengirim serta menerima pesan atau surat dengan format digital melalui jaringan internet dan komputer. Adanya email ini membuat pengiriman pesan atau surat menjadi lebih cepat sehingga lebih menghemat waktu. Kemudian pada email, isi surat dapat di isi dengan konten seperti gambar, suara, serta video. Selain itu email tidak hanya digunakan untuk mengirim pesan atau surat saja, akan tetapi juga digunakan sebagai persyaratan untuk mendaftar twitter, blogger, facebook, dan lain sebagainya.

Cara Kerja Email

Setelah mengetahui pengertiannya, lalu bagaimanakah cara kerja email itu? Sebenarnya cara kerja email itu cukup sederhana. Secara singkatnya cara kerja emaiil itu seperti halnya ketika kita menulis surat kepada orang lain, yang membedakan ialah email dapat disertai dengan file-file tertentu yang ingin kita kirimkan, misal foto, video, audio, dokumen dan lain-lain. Selain itu waktu pengiriman juga jauh lebih cepat hanya dalam hitungan detik. Adapun cara kerja email yaitu sebagai berikut ini:

  • Pertama pemilik email haruslah membuka emailnya dulu, lalu menuliskan isi pesan yang akan dikirimkannya.
  • Sesudah itu pengguna email memberikan suatu intruksi atau perintah pada aplikasi email untuk mengirikan pesan ke alamat email yang akan dikirimi pesan.
  • Setelah itu email server akan mengidentifikasi alamat email yang dituju, kemudian mengirimkan pesan tersebut ke email server lain yang lokasinya dekat dengan alamat tujuan. Terkadang sebuah email dikirim lewat beberapa email server, tergantung pada rute yang dilewatinya.
  • Ketika pesan email terkirim pada alamat email si penerima, maka isi dari pesan tadi disimpan di email server hingga si penerima membuka pesan tadi.
  • Pada saat penerima telah membuka pesan di kotak masuk, maka aplikasi email si penerima akan meminta email baru yang terdapat di email server. Selanjutnya akan mengunduhnya ke dalam komputer si penerima email.
  • Sesudah itu, penerima email dapat melihat dan membaca isi dari pesan yang sudah diunduh tadi.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian email dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat.

Komentar