Pengertian Sistem Operasi Multi User, Jenisnya dan Contohnya

Sistem operasi merupakan program yang sangat penting di dalam komputer karena menjadi penghubung antara software dengan hardware. Sistem operasi sendiri berdasarkan jumlah penggunanya ada yang single user ada pula yang multi user. Jika sebelumnya sudah kami bahas tentang sistem operasi single user, maka pada pembahasan kali ini kami akan membahas tentang pengertian sistem operasi multi user. Tidak hanya pengertiannya saja, di sini jug akan kami bahas jenis-jenisnya beserta dengan contohnya.

Pengertian Sistem Operasi Multi User

Pengertian sistem operasi multi user adalah sebuah sistem operasi yang memungkinkan beberapa user pada komputer yang berbeda mengakses sistem tunggal dengan satu sistem operasi. Atau sistem yang memungkinkan lebih dari satu user mengakses sistem komputer dalam waktuyang bersamaan. Yang mana bisanya akses komputer melalui sebuah jaringan, sehingga para pengguna bisa mengaksesnya melalui jarak jauh menggunakan komputer lain.

Jenis Sistem Operasi Multi User

Terdapat 2 jenis sistem operasi multi usser, penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. Sistem operasi multi user single tasking = sistem operasi komputer di mana satu komputer dapat dipakai oleh banyak pengguna akan tetapi setiap user hanya bisa menjalankan 1 aplikasi atau program di satu waktu.
  2. Sistem operasi multi user multi tasking= sistem operasi di mana satu komputer dapat dipakai secara bersamaan oleh banyak user yang dapat menjalan banyak program atau aplikasi di satu waktu.

Contoh Sistem Operasi Multi User

Berdasarkan jenisnya contoh sistem operasi multi user adalah sebagai berikut ini:

  1. Sistem operasi multi user single tasking contohnya yaitu Novell Netware yang menjalankan SO Network yang berbasis DR-DOS.
  2. Sistem operasi multi user dan multi tasking contohnya yaitu Unix, Linux, FreeBSD, Windows dengan aplikasi Citrix Metaframe dan yang lainnya.
Itulah sedikit ulasan yang bisa kami tulis tentang pengertian sistem operasi multi user, jenisnya dan contohnya. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kita.

Komentar