Pengertian Operating System,Cara Kerja, Fungsi dan Contohnya

Di dalam sebuah komputer pasti terdapat sebuah sistem operasi atau operating system. Karena tanpa adanya operating system komputer tidak akan dapat bekerja. Nah apa itu operating system? Jika belum tahu bisa menyimak penjelasannya di sini. Karena pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang pengertian operating system. Tak hanya itu saja, di sini juga kami bahas tentang cara kerja fungsi serta contohnya.

Pengertian Operating System

Operating sistem adalah sebuah sistem yang dapat mengendalikan operasi dasar dan memastikan sistem dalam komputer dapat berjalan lancar dan berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan kata lain definisi operating sistem yaitu software yang bertugas dan bertanggung jawab untuk mengontrol dan mengatur kerja hardware dan menjalankan software lain yang terinstall di dalam sistem komputer.

Cara Kerja Operating System

Cara kerja operating system: Operating system itu merupakan penghubung antara hardware dengan software. Pada saat sebuah komputer dihidupkan pertama kali, maka kita akan melihat bahwa yang berjalan yaitu sistem operasi, dan setelah komputer hidup, maka baru aplikasi lain bisa berjalan. Intinya operating system itu sistem yang terdapat pada lapisan yang pertama di mana memori hardisk diletakkan.

Fungsi Operating System

Adapun fungsi-fungsi operating system ialah sebagai berikut:

  • Menjalankan operasi dasar pada sebuah komputer.
  • Menyajikan tampilan.
  • Mengatur kerja hardware dan software.
  • Menjadi wadah program atau aplikasi.
  • Mengkoordinasi kerja perangkat komputer.
  • Mengoptimalkan fungsi perangkat-perangkat komputer.
  • Melindungi dan mengawasi jalnnya fungsi program.

Contoh Operating System

Contoh operating system diantaranya yaitu: Unix, Linux, Mac OS (Macintosh Operating Sistem),, Microsoft Windows, MS-Dos (Microsoft Disk Operating System), PC-DOS (Personal Computer Disk Operating System), IBM OS/2, Chrome OS, Free BSD, dan lain-lain.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian operating system, semoga bermanfaat.

Komentar