Pengertian Internet dan Sejarah Internet

Siapa sih saat ini yang tidak mendengar istilah internet, tentunya kita sudah sering mendengar istilah internet, bahkan dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan yang namanya internet untuk mengakses informasi. Lalu apa itu internet? dan bagaimana sejarahnya internet bisa kita gunakan sampai saat ini. Simak penjelasannya pengertian internet beserta sejarahnya berikut ini.

Pengertian Internet

Internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking. Pengertian internet adalah sebuah jaringan komputer yang saat ini berkembanga dengan pesat dari berbagai macam kepentingan bisanis, pendidikan bahkan pemerintahan yang dapat saling terhubung antara satu dengan lain. Atau internet merupakan jaringan komputer yang dapat menghubungkan banyak komputer di seluruh dunia sehingga terbentuklah ruang maya jaringan komputer, di mana satu komputer dengan komputer lain akan saling terhubung membentuk suatu komunikasi.

Sejarah Internet

Mulanya perkembangan internet dimulai dari terbentuknya jaringan komputer pertama yang ada di Amerika Serikat yang diprakasai lembaga Advanced Research Project Agency yang saat itu menghubungkan 4 buah komputer yang berada di lokasi yang berbeda. Waktu itu penggunaan bandwith masih sekitar 50 kbps yang dinikmati American Tlepone and Telegraph. Lalu di tahun 1983, ditemukanlah TCP/IP dan waktu itulah mulai dikenal istilah internet. Mulanya intenret itu digunakan untuk kepentingan militer dan akademik di amerika saja, Tetapi seiring berjalannya waktu mulai tahun 1990-an internet mulai digunakan secara luas di masyarkat umum.

Selanjutnya mulai dikenal teknologi www (Word Wide Web) pada tahun 1995, WWW atau web berfungsi menggantikan FTP yang merupakan teknologi proses pertukaran data. Dengan adanya teknologi ini, internet bisa menyediakan informasi multimedia. Dan saat ini intenet bisa kita gunakan lewat telepon dan alat komunikasi mobile.

Itulah penjelasan singkat tentang Pengertian Internet dan Sejarah Internet. Semoga bermanfaat.

Komentar