Pengertian Hardware, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Sebuah komputer pastinya tidak terlepas dari yang namanya hardware. Karena tanpa hardwere komputer tidak akan pernah ada. Lalu apa itu hardware? Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara singkat tentang apa yang dimaksud hardware tersebut. Pembahasan ini mulai dari pengertian hardware, fungsi, jenis hingga contoh-contoh hardware.

Pengertian Hardware Secara Umum

Pengertian hardware adalah sebuah perangkat keras atau komponen yang terdapat pada komputer yang bentuknya nyata dapat diraba dan dilihat. Semua bagian fisik yang terdapat pada komputer disebut sebagai hardware. Hardware merupakan perangkat yang mendukung komputerisasi dan hardware bekerja berdasarkan dari intruksi dari software.

Fungsi Hardware Secara Umum

Secara umum fungsi hardware yaitu untuk menerima input, mengolah data dan informasi, memberikan output, dan meyimpan data atau informasi.

Jenis jenis hardware dan contohnya

Berikut ini adalah jenis-jenis hardware dan juga contohnya:

1. Hardware Input Device

Hardware input device merupakan hardware yang digunakan untuk menginputkan data atau informasi ke dalam komputer. Contoh hardware input device yaitu mouse, keyboard dan scanner.

2. Hardware Process Device

Hardware process device merupakan hardware yang fungsinya mengolah data dan informasi yang telah dimasukkan ke dalam komputer. Contoh hardware process device yaitu CPU, RAM dan VGA.

3. Hardware Output Device

Hardware output device merupakan hardware yang berfungsi untuk menampilkan atau menghasilan sebuah informasi. Contoh hardware output device yaitu Monitor, Printer, Proyektor LCd.

4. Hardware Storage Device

Hardware output device merupakan hardware yang fungsinya untuk menyimpan data atau informasi baik itu di dalam komputer maupun di luar komputer. Contoh hardware Storage device yaitu hardsik, flashdisk, dan optical disk.

5. Hardware Peripheral

Hardware periferal merupakan hardware penunjang pada komputer. Contoh hardware periferal yaitu modem.

Nah itulah penjelasan tentang pengertian hardware, fungsi, jenis dan contohnya, semoga bermanfaat.

Komentar