Pengertian BIOS pada Komputer, Fungsi, Komponen, dan Cara Kerjanya

Selain sistem operasi, BIOS merupakan software yang berperan penting dalam proses berjalannya sistem komputer. Tanpa adanya BIOs, maka komputer dapat dipastikan tidak akan dapat beroperasi. Nah apa itu BIOS? Bagi teman-teman yang belum tahu bisa menyimak penjelasannya di sini. Dalam postingan ini kami akan membahas tentang pengertian BIOS, fungsi, komponen, cara kerja serta macam-macam BIOS.

Pengertian BIOS pada Komputer

Basic Input Output System atau yang disingkat BIOS merupakan sistem dasar yang berfungsi untuk mengatur proses input dan juga output data yang ada pada perangkat komputer. Dengan kata lain pengertian bios adalah suatu program yang dirancang dan dibuat untuk mengatur berbagai fungsi hardware yang terdapat pada perangkat komputer. Selain itu BIOS juga merupakan perangkat intruksi elektronik yang dipakai oleh komputer dalam mengawali sistem operasi. BIOS tersimpan di memori flash (CMOS), berbeda dengan software yang lain yang tersimpan di memori hardisk.

Fungsi BIOS pada Komputer

Pada dasarnya yang menajdi fungsi utama BIOS adalah untuk mengatur langkah awal dalam proses startup komputer sekaligus sebagai erangkat yang dapat memastikan kalau sistem operasi komputer memang benar-benar telah dimuat di dalam memori. Selain itu terdapat fungsi lain diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Menjalankan perintah POST (Power On Self Test).
  • Mengatur konfigurasi Dasar perangkat kmputer.
  • Memberikan informasi dasar pada perangkat komputer.

Komponen Komponen pada BIOS

Terdapat 3 macam kompoen pada bios diantaranya yaitu:

  1. Proram BIOS Setup.
  2. Driver.
  3. Program Bootstaper Utama.

Cara Kerja BIOS pada Komputer

Cara kerja BIOS ialah pada awalnya melakukan suatu proses instalasi di mana dalam proses tersebut pengguna bisa melihat spesifikasi komputer, contohnya melihat jenis memori, jumlah memori, kapasitas hardisk, info mengenai kartu VGA dan lain-lain. Tidak hanya itu saja BIOS juga melakukan suatu pengecekan terhadap device ROM yang lain, seperti hardisk dan melakukan suatu pengetesan terhadap RAM. Setelah melakukan pengetesan dan pengecekan maka selanjutnya yaitu mencari lokasi booting untuk dapat memasuki sistem operasi yang telah terinstall pada komputer.

Itulah penjelasan singkat dari kami tentang pengertian BIOS pada Komputer, Fungsi, Komponen, dan cara Kerjanya, semoga memberikan manfaat.

Komentar