Pengertian ROM, Fungsi, Cara Kerja dan Jenisnya

Komputer merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa hardware salah satunya yaitu CPU (Central Processing Unit). Di dalam CPU ada banyak komponen salah satunya yaitu ROM (Read only Memory). Nah tahukah sobat apa yang dimaksud ROM? Jika belum tahu sobat bisa menyimak pembahasan di sini karena di sini kami akan membahas pengertian ROM. Tak hanya itu saja dis ini juga kami bahas fungsi, cara kerja dan bentuk dari ROM. Oke berikut ini adalah pembahasannya silahkan teman-teman simak ya…

Pengertian ROM (Read Only Memory)

ROM itu singkatan dari Read Only Memory. Pengertian ROM adalah sebuah chip memori semi konduktor yang terdapat pada CPU komputer yang bersifat permanen. Isi program di dalam ROM telah ditetapkan oleh pembuatnya dan tidak bisa diubah, ditambah maupun dikurangi oleh pgnguna komputer. Isi ROM dibutuhkan ketika komputer dinyalakan.Peritintah yang terdapat pada ROM sebagian dipindahkan ke dalam RAM. Perintah-perintah yang terdapat pada ROM diantaranya yaitu perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mengecek seluruh peraltan yang terdapat pada unit system serta perintah menampilkan pesan pada monitor komputer. Saat mengalami pemadaman listrik isi ROM tidak akan hilang.

Fungsi Read Only Memory (Fungsi ROM)

Pada dasarnya fungsi ROM yaitu sebagai media penyimpanan firmware yaitu software yang berhubungan dengan hardware. Seperti ROM BIOS, di mana di dalam BIOS (Basic Input Output System) dapat langsung mengeksekusi dengan tepat, tanpa harus menunggu menghidupkan perangkat media penyimpanan lain terlebih dahulu seperti pada umumnya yang terjadi pada alat penyimpanan yang lain. Walaupun ROM hanya dapat dibaca saja, akan tetapi data yang ada pada ROM dapat ditulis ulang.

Cara kerja ROM (Read Only Memory)

Cara kerja ROM yaitu input device berupa data kemudian dilanjutkan oleh ROM menjadi sebuah informasi yang akan ditampilkan melalui Output Device.

Jenis-jenis ROM (Read Only Memory)

Terdapat beberapa jenis ROM diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

  • Mask ROM
  • Programmable Read Only Memory (PROM)
  • Erasable Programmable Read Only Memory (EPROM)
  • Electrically Erasable Programmable Read Only Memory (EEPROM)

Demikianlah penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian ROM, fungsi, cara kerja dan jenisnya. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Komentar