Pengertian RAM, Struktur Fungsi dan Jenis RAM

Peralatan proses pada CPU selain ROM adalah RAM. Apa itu RAM? Pastinya sobat sudah sering dengar kan kata “RAM”? Namun sudah tahukah seperti apa pengertian RAM itu? Jika belum tahu apa yang dimaksud dengan RAM? Maka di sini kami bisa menjelaskan sedikit tentang definisi RAM. Selain itu di sini juga akan kamu kupas tentang Struktur RAM, fungsi RAM, dan juga jenis-jenis RAM.

Pengertian RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Pengertian RAM adalah sebuah media yang dipakai untuk menyimpan data dan perintah dari sebuah program yang teradapat pada komputer. RAM itu memori yang bisa diisi dengan data dan juga program selama aliran listrik hidup. Jika terjadi pemadaman listrik maka akan terhapus isinya. Sebagai contohnya yaitu pada saat kamu mengetik sudah mencapai ½ halaman layar, lalu terjadi pemadaman listrik dan kamu belum melakukan penyimpanan ketikan kamu, maka semua data yang kamu ketik tersebut akan hilang.

Struktur RAM

Struktur RAM terdiri dari 4 bagian utama yaitu sebagai berikut:

  • Input Storage: menampung masukan (inputan) yang dimasukkan dari alat input.
  • Program Storage: sebagai tempat penyimpanan intruksi program yang akan diakses.
  • Working Storage: menyimpan data yang akan diproses dan hasil dari proses.
  • Output Storage: menampung hasil akhir data yang ditampilkan pada perangkat output.

Fungsi RAM

RAM berfungsi sebagai sebuah komponen untuk melakukan penyimpanan program sementara atau data yang diakses ketika komputer aktif beroperasi.

Jenis-jenis RAM

Jenis-jenis RAM dikelompokkan ke dalam 2 macam yaitu sebagai berikut ini:

  1. RAM berbasis card diantaranya yaitu: EDO RAM (.Extended Data Output RAM), SD RAM (Synchronous Dynamic RAM), DDR RAM (Double Data Rate RAM), DDR dual channel RAM, Twister DDR dual channel RAM, dan SODIMM RAM.
  2. RAM berbasis chip diantarnaya yaitu: SRAM (Static RAM), DRAM (Dynamic RAM), NVRAM (Non-Volatile RAM), dan FRAM (Ferro Electric RAM).

Demikian penjelasan yang dapat kami uaraikan tentang Pengertian RAM, Struktur Fungsi dan Jenis RAM. Semoga membantu.

Komentar