Pengertian Printer Fungsi Printer dan Jenis Printer

Dalam komputer biasanya itu terdapat sebuah perangkat penunjang atau yang disebut sebagai perangkat periferal. Salah satu contoh perangkat periferal adalah printer. Apa itu printer? Mungkin diantar teman-teman sudah banyak yang menggunakan printer. Namun tahukah kamu definisi dari printer itu? Jika belum tahu maka di sini kamu bisa menyimak pembahasan yang kami tulis yaitu tentang pengertian printer, fungsi printer serta jenis-jenis printer.

Pengertian Printer

Pada mulanya kata printer itu berasal dari kata print yang artinya cetak, sehingga printer berarti sebuah alat yang digunakan untuk mencetak. Jadi pengertian printer yaitu sebuah alat yang dapat digunakan untuk mencetak informasi yang berupa teks, gambar dan grafik pada lembaran-lembaran kertas.

Fungsi Printer

Fungsi dari printer yaitu saebagai alat yang digunakan untuk mencetak sebuah dokumen yang berupa teks, gambar, grafik maupun gabungan dari semua itu. Selain dapat digunakan untuk mencetak dokumen, ada pula printer yang dapat digunakan untuk fungsi lain yang mengadopsi teknologi lain. Misalnya printer yang dapat berfungsi untuk menggandakan dokumen (seperti halnya mesin fotocopy), untuk melakukan scanning atau memindai, dan untuk mengirimkan sebuah data (mesin fax).

Jenis-jenis Printer

Adapun jenis-jenis printer beserta penjelasannya adalah sebagai berikut:

Jenis printer berdasarkan teknologinya yaitu:

  1. Daisy Whell: konsepnya seperti mesin ketik, pencetakannya dilakukan karakter per karakter.
  2. Line printer: konsepnya seperti mesin ketik seperti halnya Daisy Whell, yang membedakan yaitu prosesnya lebih cepat.
  3. Dot Matrix: konsepnya seperti mesin ketik, namun proses pencetakannya menggunakan metode pita. Hasil cetakan tampak seperti titik-titik yang saling terhubung antara satuu dengan yang lain.
  4. Injet: proses pencetakannya menggunakan tinta cair.
  5. Laserjet: menggunakan toner (tinta bubuk), pencetakannya dengan perangkat infrared.

Jenis printer berdasarkan cara kerjanya yaitu:

  1. Printer dot metrix: Cara kerjanya yaitu jarum membentuk character images melalui gesekan jarum pada karbon dan kertas.
  2. Printer inkjet: cara kerjanya menyemprotkan titik-titik kecil tinta pada kertas lewat nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil.
  3. Printer laserjet: cara kerja seperti halnya mesin fotocopy, menggunakan photographic drum yang berfokus pada gambar yang dicetak titk demi titik dilakukan semi conductor laser.

Seperti itulah penjelasan yang bisa kami tulis tentang pengertian printer, fungsi printer dan jenis printer. Semoga dapat memberikan manfaat.

Komentar