Pengertian Periferal Fungi dan Contohnya

Sebuah komputer tentunya mempunyai sebuah hardware, di mana hardware tersebut terbagi dalam beberapa jenis. Salah satu jenis hardware yaitu periferal. Nah apa itu periferal? Mungkin sobat yang sering menggunakan komputer sudah tahu tentang apa yang dimaksud periferal, namun bagi sobat yang masih awam akan hal tentang komputer tentunya masih bingung jika disuruh menjelaskan pengertian periferal. Maka dari itulah di sini kami akan membahas mengenai pengertian periferal, fungsi periferal juga contoh periferal.

Pengertian Periferal (Unit Tambahan)

Periferal atau yang dikenal peripheral adalah sebuah perangkat tambahan yang dapat di pasang untuk komputer agar bisa lebih mendayagunakan komputer yang dipasangi. Periferal itu ada ang digolongkan sebagai perangkat masukan, perangkat processor dan juga perangkat keluaran. Perangkat ini umumnya terhubung dengan komputer, tetapi periferal bukanlah perangkat inti pada komputer. Jadi apabila periferal tidak dihubungkan dengan komputer, maka komputer masih bisa digunakan dan menjalankan fungsinya.

Jika periferal tersebut tidak dihubungkan dengan komputer, maka periferal tidak akan dapat menjalankan fungsinya. Umumnya periferal berada di dalam dan juga di luar case komputer. Jadi apabila teman-teman menemukan perangkat-perangkat seperti yang dijelaskan di atas, maka sudah pasti itu perangkat periferal.

Fungsi Periferal (Unit Tambahan)

Periferal berfungsi sebagai perangkat tambahan yang bisa digunakan untuk memperluas fungsi komputer. Sebagai contoh printer, dengan menggunakan printer, maka komputer dapat mengeluarkan hasil proses menjadi sebuah cetakan text atau gambar pada sebuah kertas.

Contoh Periferal (Peripheral)

Beberapa contoh dari periferal adalah sebagai berikut:

  1. Periferal Internal: adalah periferal yang berada di dalam case komputer, contoh dari periferal internal yang sering dijumpai adalah LAN Card, Sound Card, VGA Card dan masih banyak lagi yang lain. Umumnya perangkat ini terpasang pada slot ekspansi.
  2. Periferal Eksternal: adalah periferal yang berada di luar case komputer, cotohnya yaitu printer, Scanner, Speaker, Web Camp dan lain-lain. Umumnya untuk menghubungkan periferal-periferal eksternal dibutuhkan kabel USB, Serial, dan PS2.
Itulah penjelasan singkat tentang Pengertian Periferal Fungi dan Contohnya. Semoga bermanfaat.

Komentar