Pengertian Monitor, Fungsi dan Jenis-jenisnya

Jika kamu adalah seorang pengguna komputer, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya monitor. Karena, monitor itu salah satu perangkat yang digunakan pada komputer. Lalu apa itu monitor? Nah inilah yang akan kami bahas yaitu tentang pengertian monitor komputer. Selain itu untuk menambah wawasan kita tentang seperti apa yang dimaksud monitor itu, maka di sni juga kami tambahkan penjelasan tentang fungsi monitor dan jenis-jenis monitor.

Pengertian Monitor

Secara bahasa monitor itu berarti mengamati, jadi jika diartikan maka monitor merupakan perangkat yang digunakan untuk mengamati sesuatu. Monitor adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang biasa digunakan untuk menampilkan output data grafis yang bisa berupa gambar atau hasil dari pemrosesan data yang bersumber dari sumber-sumber data grafis seperi CPU, satelit serta sumber data grafis lainnya. Biasanya monitor ini disebut sebagai layar komputer.

Fungsi Monitor

Monitor berfungsi sebagai perangkat penampil berbagai macam data yang di proses oleh komputer. Monitor merupakan alat output (keluaran) dari CPU atau memori komputer yang dapat berupa data-data biner. Lalu diubah ke dalam bahasa manusia dan ditampilkanlah ke dalam monitor sehingga bisa dimengerti oleh orang yang menggunakan komputer.

Jenis-jenis Monitor

Hingga saat ini terdapat lima jenis monitor yang diguankan untuk perangkat komputer. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Monitor Chatode Ray Tube (Monitor CRT)

Merupakan sebuah monitor yang dirancang dengan memanfaatkan teknologi katoda yang diletakkan di dalam tabung. Jenis monitor CRT ini merupakan monitor tertua yang hingga kini masih banyak yang menggunakan. Karena monitor ini dibuat dengan tabung katoda, maka monitor ini sering disebut mmonitor tabung.

2. Monitor Liquid Cristal Display (Monitor LCD)

Monitor LCD merupakan jenis monitor yang dirancang dengan memanfaatkan teknologi di media cairan kristal. Apabila dibandingkan dengan moitor CRT, maka ukuran LCD lebih ramping, selain itu dari segi resolusi dan kualitas gambar yang ditampilkan LCD jauh lebih baik jika dibanding dengan monitor CRT.

3. Monitor Light Emiting Diode (LED)

Monitor jenis LED ini adalah monitor yang dirancang dengan menggunakan teknologi dioda lammpu yang bisa memancarkan emisi cahaya. Jenis monitor ini tidak jauh beda dnegna LCD, akan tetapi LED lebih cenderung tipis apabila dibanding LCD.

4. Monitor Plasma

Jenis monitor plasma ini merupakan jenis monitor yang dirakit dengan memanfaatkan teknologi gas neon atau xenon yang ditaruh antara 2 pelat kaca. Dari segi kualitas gambar yang dihasilkan, jika dibanding dengan monitor-monitor sebelumnya, maka monitor plasma ini lebih baik. Namun dari segi harga monitor plasma jauh lebih mahal.

5. Monitor Organic Light-Emitting Diode (OLED)

Monitor jenis Oled merupakan sebuah semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organic. Monitor ooled dibuat dan dirancang dengan cara memanfaatkan teknologi elektroluminesasi seperti pada aplikasi tampilan layar dan sensor. Kecanggihan akan teknologi jenis monitor ini terkenal lebih fleksibel dengan ketipisan yang kurang dari 1 mm. Apabila dibanding dengan jenis-jenis monitor sebelumnya, tentunya jenis monitor ini lebih baik.

Itulah penjelasan singkat yang dapat kami tulis tentang pengertian monitor, fungsi dan jenis-jenisnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Komentar