Pengertian Komputer, Elemen, Fungsi, dan Jenis Komputer

Saat ini komputer bukanlah termasuk barang yang asing untuk kita. Saat ini komputer bisa kita jumpai di kantor-kantor bahkan di rumah kita, rumah teman kita. Nah pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan sedikit penjelasan tentang apa itu komputer atau Pengertian Komputer, selain itu di sini juga kami jelaskan mengenai 3 elemen uatama pada komputer, fungsi komputer macam macam peralatan yang ada pada komputer juga berbagai jenis komputer yang ada. Nah berikut ini penjelasannya silahkan di simak ya.

Pengertian Komputer

Komputer jika ditinjau secara etimologi itu berawal dari bahasa latin “Computere” yang artinya menghitung. Sehingga secara sederhana pengertian dari komputer adalah alat yang digunakan untuk perhitungan aritmatika.

Secara umum pengertian komputer yaitu sebuah perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk input data, melakukan pengolahan/ proses data dan menghasilkan sebuah informasi yang dapat diterima oleh pengguna komputer.

3 Elemen Utama Komputer

Dalam komputer itu terdapat 3 elemen utama yang dapat menunjang komputer. 3 komponen utama tersebut yaitu hardware (perangkat keras), Software (perangkat lunak) dan brainware (pengguna komputer).

Fungsi Komputer

Komputer mempunyai bermacam-macam fungsi, namun secara garis besarnya komputer mempunyai fungsi data input (memasukkan data), data processing (memproses data), data output(mengeluarkan data/ informasi), data storage (menyimpan data), dan data movement (memindah data).

Macam-macam Peralatan Komputer

Jika kita lihat dari sisi fungsinya peralatan komputer itu ada 5 yaitu peralatan input, peralatan proses, peralatan penyimpanan atau memori, peralatan periferal atau tambahan dan peralatan output atau keluaran.

Jenis-jenis Komputer

Saat ini terdapat 7 jenis komputer diantaranya yaitu komputer portabel, komputer desktop, komputer tower, komputer palmtop, komputer laptop, komputer notebook, dan komputer sub notebook.

Itulah beberapa penjelasan yang dapat kami ulas tentang pengertian komputer semoga penjelasan tersebut membantu kamu yang sedang mencari informasi seputar komputer.

Komentar