Pengertian CPU (Central Processing Unit), Komponen, Cara Kerja dan Fungsinya

Sekarang ini hampir semua peralatan menggunakan yang namanya komputer. Agar komputer bisa menghasilkan informasi maka harus ada beberapa perangkat yaitu keyboard, monitor dan CPU. Nah yang akan kami bahas di sini adalah tentag CPU. Apa itu CPU? Bisakah sobat menjelaskan pengertian CPU? Jika belum mari simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian CPU (Central Processing Unit)

CPU adalah sebuah hardware pada komputer yang memiliki tugas untuk menerima dan melakukan sebuah perintah dan mengolah data dari suatu software (perangkat lunak). Ada pula yang menyebut CPU adalah processor, itu karena CPU sebagai pusat dalam pengolahan data pada komputer. Teknologi dan kualitas CPU yang digunakan komputer akan memberikan pengaruh terhadap kinerja komputer (cepat lambatnya komputer). Jadi CPU dapat diibaratkan sebagai otak dari sebuah komputer, karena CPU itu mengatur seluruh aktifitas dan jalnnya sebuah program termasuk juga software (aplikasi yang ada di dalamnya).

Komponen-komponen CPU

Berikut ini adalah komponen komponen CPU komputer:

  1. Unit Kontrol: merupakan bagian dari CPU yang bertugas mengatur jalannya program.
  2. Register: alat untuk penyimpanan yang berukuran relatif kecil namun memiliki kecepatan akses yang lumayan tinggi dengan fungsi menyimpan perintah atau data yang sedang diproses.
  3. Arithmetic Logic Unit: merupakan bagian CPU yang berfungsi untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasarkan dari instruksi yang sudah ditentukan.

Cara Kerja CPU

Cara kerja cpu yaitu pada saat perintah/ data dimasukkan ke processing-devices, pertama kali di letakkan di MAA, apbila dalam bentuk perintah ditampung Control Unit di program-storage, namun apabila dalam bentuk data ditampung pada Working-storage. Jika register sudah siap untuk menerima eksekusi, maka control unit akan mengambil intruksi dari program storage untuk ditampung pada intruksi register, sedangkan untuk alamat memori yang berisi intruksi akan ditampung dalam Program Counter. Kemudian data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung pada Operand-register (General-purpose register). Jika intruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasarkan intruksi yang ditetapkan. Selanjutnya hasilnya akan ditampung pada Akumulator. Apabila hasil pengolahannya telah selesai, maka Control Unit akan melakukan pengambilan hasil pengolahan pada Accumulator untuk selanjutnya ditampung lagi pada Working-Storage. Apabila keseluruhan pengerjaan telah selesai, maka Control Unit menjemput hasil dari pengolahan Working-Storage untuk ditampung pada Output storage. Setelah itu dari Output storage, hasil dari pengolahan akan diperlihatkan pada output devices.

Fungsi CPU

CPU berfungsi untuk melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap suatu data yang diambil dari informasi yang diberikan (dari memori melalui beberapa hardware). CPU itu hampir seperti kalkulator, namun CPU lebih kompleks dalam memproses intruksi-intruksi yang telah diberikan. Selanjutnya intruksi-intruksi tersebut disimpan terlebih dahulu pada Random Acces Memory. Setiap intruksi akan diberikan sebuah alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menampilkan alamat data yang terpilih.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian CPU (Central Processing Unit), Komponen, Cara Kerja dan fungsinya. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi yang baik.

Komentar