Cara Mengetik Menggunakan 10 Jari

Pada postingan saya yang dulu saya telah menjelaskan cara membuat undangan dan pada kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengetik 10 jari. Mengetik 10 jari bertujuan agar kita dapat mengetik dengan cepat dan singkat. Dari pada saya bicara panjang lebar langsung saja saya jelaskan cara  mengetik 10 jari.
cara mengetik 10 jari adalah sebagai berikut:
1. Perhatikan keyboard anda biasanya pada pada F dan J di keyboard dilengkapi dengan tonjolan baik berupa tanda strip (-) ataupun berupa tonjolan titik.
2. Fungsi dari tonjolan di tombol F dan J agar anda tidak perlu lagi melihat ke keyboard pada saat mengetik.
3. Coba letakkan posisi jari anda seperti ini :
jari telunjuk kiri di atas tombol F dan jari telunjuk kanan di atas tombol J.
kedua ibu jari anda letaknya di tombol spasi dan tidak boleh naik ke tombol huruf lain.
sedangkan jari yang lain mengikuti.
-jari kelingking kiri di A
-jari manis kiri di S
-jari tengah kiri di D,
-jari tengah kanan di K
-jari manis kanan di L
-jari kelingking kanan di ; atau :
(ini adalah posisi dasar sepertiyang tampak pada gambar berikut)
Cara Mengetik Menggunakan 10 Jari


4. Tugas masing- masing jari sobat adalah menekan tombol yang ada di atas dan di bawahnya 1 kolom (vertikal).



Tangan Kiri

Jari kelingking 
Baris ke-1 : ` dan 1
Baris ke-2: Tab dan Q
Baris ke-3: Capslock dan A
Baris ke-4: Shift Kiri dan Z
Baris ke-5: Ctrl dan Start/Windows

Jari Manis
Baris ke-1: 2 dan 3
Baris ke-2: W
Baris ke-3: S
Baris ke-4: X

Jari Tengah
Baris ke-1: 4
Baris ke-2: E
Baris ke-3: D
Baris ke-4: C

Jari Telunjuk
Baris ke-1: 5 dan 6
Baris ke-2: R dan T
Baris ke-3: F dan G
Baris ke-4: V dan B

Ibu Jari
Baris ke-5: Alt Kiri dan Spasi


Tangan Kanan

Ibu Jari
Baris ke-5: Alt Kanan dan Spasi
Jari Telunjuk
Baris ke-1: 7 dan 8
Baris ke-2: Y dan U
Baris ke-3: H dan J
Baris ke-4: N dan M
Jari Tengah
Baris ke-2: I
Baris ke-3: K
Baris ke-4: L
Jari Manis
Baris ke-1: 9
Baris ke-2: O
Baris ke-3: L
Baris ke-4: .
Jari Kelingking
Baris ke-1: 0, -, = dan Backspace
Baris ke-2: P, [ dan ]
Baris ke-3: ;, ' dan Enter
Baris ke-4: / dan Shift Kanan
Baris ke-5: Start/Windows, Right Click dan Ctrl Kanan

Demikian apa yang dapat saya sampaikan tentang Cara Mengetik 10 Jari. Semoga apa yang saya sampaikan di atas dapat bemanfaat buat anda yang ingin belajar mengetik 10 jari. Jika ada yang belum jelas dapat bertanya pada kotak komentar. Terimakasih atas kunjungannya di blog saya yang sederhana ini.

Komentar