Cara Mempercepat Koneksi Internet

Pada artikel saya yang sebelumnya saya telah membahas materi tentang E-mail yaitu tentang Cara Membuat Email Keren, Selain Gmail, Yahoo, Hotmail , dan pada kali ini saya akan membahas tentang Cara Mempercepat Koneksi Internet.
Siapa pun Anda, pasti ingin koneksi internetnya cepet. Streaming tidak pakai acara Buferring, update status di akun jejaring sosial bisa lancar dan cepat, proses download lancar, mau blogging pun lancar,  dan lain sebagainya. Sayang di negara kita hal seperti itu sekarang ini mungkin sulit terealisasi. Dan sangat berbeda dengan negara-negara maju.

Tapi jangan salah sangka dan kecewa dengan negara kita tercinta INDONESIA. Kecepatan koneksi internet tidak hanya bergantung pada jasa ISP (Internet Service Provider) saja. Kecepatan koneksi internet juga bergantung pada beberapa faktor. Hal yang juga penting disini yaitu komputer / laptop kita terbebas dari virus dan spesifikasi komputer yang kita gunakan..



Bagi yang koneksinya lemot, mungkin cara-caranya berikut ini dapat membantu. (yang koneksinya bisa lancar alias ngebut, tidak ada salahnya juga coba, hehe)

Berikut ini ada beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet :

1. Setting bandwith Windows
Kebanyakan orang belum mengaetahui kalo Windows membatasi kecepatan koneksi internet sebanyak 20% dari total bandwith yang ada.Supaya koneksi internet kita lancar, perlu menambahkan bandwith dengan cara berikut :

"Klik Start -> Run -> Ketik gpedit.msc -> OK"

Kemudian "Klik Administrative Templates -> Network -> Qos Packet scheduler -> Klik Limit Reservable Bandwith". Sesudah terbuka, rubahlah setting menjadi Enable dan ubah Bandwith Limit menjadi 0 . Lalu klik "Apply / OK". Selanjutnya , lakukan restart komputer.

2. Tweak Registry
Mula-mula"Klik Start -> Run -> Ketik regedit -> OK -> Cari HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEMS/Current ControlSet/services/Tcpip/ServiceProvider". Ubah nilai :
DnsPriority = 1, HostsPriority = 1, LocalPriority = 1, NetbtPriority = 1. Restart komputer.

3. Untuk Mozilla Firefox 2.0 atau Versi Di atasnya
Download FireTune untuk memaksimalkan kinerja Firefox Kamu.
Download FireTune 1.2.0


Download Lvllord Patch untuk meningkatkan nilai TCP.
Download Lvllord


Download SG TCP Optimizer.
Download SG TCP Optimizer


Kemudian Setting LAN (Local Area Network), masuk ke Network Connection.

"klik Start -> Accesories -> Communication -> Network Connection -> Klik kanan pada koneksi internet yang digunakan -> pilih Properties -> centang Internet Protocol (TCP/IP), yang lain jangan dicentang".

Jalankan Lvllord Patch yang telah didownload tadi.

"ekstrak Patch -> tekan C untuk mengubah nilainya -> Masukkan nilai 100 -> tekan Y untuk mengubah nilai". lakukan restart komputer

Optimisasi SG TCP Optimizer.

"Install TCPOptimizer -> Jalankan programnya -> pilih kecepatan koneksi (misalnya 256k) -> pilih Optimal Setting -> Apply Changes -> OK". lakukan restart komputer.

Install FireTune yang telah didownload tadi.

"jalankan program -> klik Create backup configuration -> pilih jenis kecepatan dan koneksi -> klik Tune it".

Catatan :

Sebelum mempraktekan cara-cara diatas, catat settingan awal (default) dari masing-masing langkah. Hal ini supaya tidak ada kekeliruan dan tidak terjadi kesulitan jika kamu ingin mengembalikkan ke settingan awal/default.

Sebenarnya ada banyak cara-cara yang dapat dipakai untuk mempercepat koneksi internet. Ini hanya beberapa cara yang saya ketahui. Untuk cara-cara yang lain, bisa searching dan cari referensi lain untuk membantu memaksimalkan koneksi internet. 

Komentar