Cara Mengklaim Blog di Alexa

Cara Mengklaim Blog di Alexa - cara mendaftarkan blog di alexa.com atau Cara verifikasi/klaim blog di alexa.com
Bagi seoarang blogger tentunya Alexa bukan lah hal yang asing lagi. Alexa merupakan suatu perusahaan informasi web (web information) yang berada di california. Alexa sendiri merupakan situs penyedia trafic memonitoring atau yang menyediakan informasi suatu web secara detail, akurat mengenai Ranking sebuah web maupun daerah web tersebut berasal, juga reputasi dan masih banyak lagi. Karena data yang di berikan alexa sangat akurat dan rinci maka alexa menjadi tujuan bagi webmaster ataupun blogger sebagai web direktori untuk memonitoring atau mengukur tingkat persaingan dan rank web/blog mereka, sehingga banyak dari webmaster/ blogger yang mendaftarkan blog/web mereka di situs alexa. Pada situs alexa jika mereka berusaha mendapatkan ranking sekecil-kecilnya sehingga akan mampu membuat blog/web mereka bersaing dengan yang lainnya. Untuk mendapatkan ranking di alexa butuh beberapa langkah, diantaranya membuat akun - daftarkan blog - klaim - dan pasang widget. Untuk yang langkah buat akun dan daftarkan blog sudah banyak yang bisa, tapi untuk bagian klaim blog banyak yang masih kebingungan, oleh sebab itu saya membuat tutorial ini. Langsung saja saja berikut ini cara verifikasi blog di alexa.com:
1. Pertama anda harus Login ke halaman claim situs alexa: http://www.alexa.com/siteowners/claim
2. Kemudian anda Masukkan alamat email anda di dalam kotak yang seperti yang terlihat padai gambar di atas, kemudian klik Claim your site.
3. Jika anda sudah memiliki akun alexa, maka langsung masuk saja. Tapi jika anda belum memiliki akun alexa , silahkan mendaftar terlebih dahulu dan isikan data-data anda seperti gambar di bawah ini.
4. Anda buka email anda yang anda gunakan tadi kemudian Konfirmasikan email yang masuk di inbox.
5. Selanjutnya masukkan url anda di kotak yang tersedia.
6. Kemudian Klik Get Details >> Claim your site
7. Maka akan muncul plan and pricing, pilih free lalu klik Sign Up.

8. Sehingga akan muncul dua pilihan:
a. Self Hosted (abaikan karena kita akan pasang di blog gratisan)
b. Memasang meta tag dengan tiga pilihan (Abaikan semuanya karena ini cukup sulit untuk pemula dan hanya bisa dilakukan dengan cara edit HTML) Tapi coba anda perhatikan kode yang dilingkari warna merah seperti gamabr di bawah.
9. Selanjutnya Copy kode tersebut kemiudian anda pastekan sesuai yang di sarankan pada gambar di atas jika menggunakan blogspot yaitu lewat edit HTML. tapi jika menggunakna wordpress pastekan ke kolom salah satu webmaster tool
10. Kembali ke alexa lalu klik Verify my ID.
11. Selesai dan blog anda telah terklaim di alexa.
Pada umumnya untuk blog yang baru terdaftar di alexa akan memiliki ranking sangat tinggi, oleh karena saya sarankan kepada anda untuk membaca artikel: cara mudah menurunkan rank alexa.
Demikian apa yang dapat saya sampaikan pada posting kali ini mengenai cara mengklaim blog di alexa kali ini. Semoga dapat bermanfaat buat anda.


Komentar