Cara Melakukan Riset Kata Kunci atau Keyword


Pada artikel saya yang dulu telah saya bagas cara memasang keyword di blogspot, dan pada artikel ini akan saya bagas mengenai Cara Melakukan Riset keyword. Bagi seorang blogger/ webmaster cara pertama yang perlu dilakukan untuk mengetahui kata kunci pencarian yang banyak di cari oleh seorang pencari informasi yaitu dengan Riset keywords/kata kunci 
Tujuannya dari  riset keywords ini yaitu:
1. Untuk mengetahui Kata kunci utama/keyword utama dan turunannya yang banyak dipakai oleh pencari yang menggunakan Search Engine (terutama Google)
2. Untuk mengetahui jumlah pencarian yang memakai keyword tersebut.
Melakukan riset Keyword perlu dilakukan menggunakan tools milik Google karena hampir semua pengguna internet menggunakan Google untuk mencari informasi apapun. Sampai saat ini tools Google tersebut masih GRATIS.
Tools Google untuk melakukan riset keywords yaitu Google Keywords Tool. Tidak usah dihapalkan linknya cukup lakukan pencarian Google menggunakan keyword: Google Keyword Tools pasti akan ketemu
Cara melakukan riset keyword adalah:

1. Anda harus kunjungi halaman Google Keywords Tools di https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal
2. Saya sarankan lebih baik, lakukan login menggunakan account Gmail supaya tidak terganggu dengan proses penulisan dari Image Capthca.
Klik Tombol Sign in ada di pojok kiri atas.
3. Di bagian : Kata atau frasa, isikan keyword yang akan di cari datanya. Sebagai contoh, karena saya mau jualan tablet pc maka target keyword saya yaitu:
tablet pc, jual tablet pc, harga tablet pc
4. Pengisian keyword dilakukan per baris
5. Di bagian Lokasi dan Bahasa pilih : Indonesia. Sebab target pasar saya Nasional
6. Klik tombol Telusuri, tunggu hingga beberapa detik
7. Maka akan tampil tabel yang terdiri dari dua kelompok : Istilah penelusuran dan Gagasan kata kunci 
Pada bagian kelompok Istilah penelusuran, berisi data keyword persis yang kita cari. Dan pada bagian kelompok Gagasan kata kunci, berisi keyword turunan yang masih ada hubungannnya dengan data keyword utama yang kita cari. Sebagai bahan acuan data jumah pencarian yaitu pada kolom Penelusuran Bulanan Lokal. Pada angka 4.400 pencarian untuk keyword jual tablet pc ini memiliki potensi untuk penjualan online. 
Demikian apa yang dapat saya sampaikan mengenai cara melakukan riset kata kunci atau keyword. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat buat anda.

Komentar